Jumat, 03-07-2015 08:14 AM

REPOWERING TANK AMX-13/KANON 105 MM

Subdis Materiil

    Tank AMX-13 adalah Tank buatan Perancis yang diproduksi pada tahun 1950 s.d tahun 1960. Di Indonesia jumlahnya cukup banyak yaitu 314 unit dari berbagai macam varian, kondisinya saat ini sudah cukup tua sehingga tidak bisa dioperasionalkan lagi.  Untuk itu CV. Indopulley Perkasa selaku industri alat peralatan pertahanan di dalam negeri bekerjasama dengan Bengpuspal Ditpalad melakukan pengerjaan Repowering Tank AMX-13/Kanon 105 mm. Sebelum di Repowering Tank ini menggunakan mesin Sofam 8 Gxb 8 Cylinders berbahan bakar bensin/Gasoline dan transmisi tipe Soma Minerva ZF5WG180. Beberapa penggantian telah dilakukan yaitu mengganti mesin Sofam 8 Gxb 8 Cylinders gasoline/bensin ke mesin Cummin 6 Cylinders Euro-3 Diesel Turbo lisensi Amerika dengan transmisi tetap (tidak ada perubahan), kemudian melakukan penggantian Sprocket, Boogie wheel Assy dan Roller Assy dalam kondisi baru yang dibuat di dalam negeri oleh CV. Indopulley Perkasa.

      Untuk mengetahui kemampuan Repowering Tank AMX-13/Kanon 105 mm dan komponen berupa Sprocket drive in & out, Boogie wheel Assy dan Roller Assy dari CV. Indopulley Perkasa. Dislitbangad selaku pemegang LKT melaksanakan uji coba meliputi pengujian aspek konstruksi dan perlengkapan, aspek kemampuan, aspek kelancaran kerja serta aspek insani untuk mendapatkan data uji nilai guna dan mengetahui kemampuan Ranpur tersebut baik secara teknis maupun taktis.

     Secara umum kegiatan uji coba Repowering Tank AMX-13/Kanon 105 mm, Spocket, Boogie wheel Assy dan Roller Assy dari CV. Indopulley Perkasa dapat berjalan dengan aman dan lancar, namun masih ada beberapa temuan yang perlu ditindak lanjuti guna penyempurnaan produk berikutnya.

     Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisa kegiatan uji coba serta penilaian yang berpedoman pada Syarat-Syarat Tipe (SST) yang berlaku, maka Repowering Tank AMX 13 Kanon 105 mm, Spocket, Boogie wheel Assy dan Roller Assy dari CV. Indopulley Perkasa telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan “LULUS” serta berhak memperoleh “SERTIFIKAT”.

 
426