Jumat, 28-07-2017 07:46 AM

KUNJUNGAN MAJOR GENERAL KATHRYN TOOHEY (HEAD OF LAND CAPABILITY THE AUSTRALIAN ARMY) DI MADISLITBANGAD

Subdis Iptek
Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat merupakan badan pelaksana di tingkat Mabesad yang bertugas membina, menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan Angkatan Darat. Salah satu strategi peningkatan adalah melaksanakan kerjasama penelitian dan pengembangan serta pertukaran informasi ilmiah di bidang teknologi pertahanan melalui kerjasama. Hal ini sejalan dengan politik luar negeri dan Tugas Pokok TNI untuk menciptakan perdamaian dunia melalui bentuk hubungan kerja sama dengan negara-negara sahabat, diantaranya negara Australia.

Kunjungan Major General Kathryn Toohey, Head of Land Capability AD Australia ke Madislitbangad sangat efektif sebagai wahana pertukaran informasi dan hubungan kerja sama baik hubungan bilateral kedua belah pihak yang nantinya akan dapat diwujudkan bersama, melalui peluang - peluang kerja sama yang dapat dijalin dan di komunikasikan antara kedua belah pihak untuk kepentingan Angkatan Darat Indonesia dan Angkatan Darat Australia.

Pada tanggal 20 Juli 2017, TNI AD telah telah mendapatkan kesempatan kunjungan kehormatan Head of Land Capability (HLC) AD Australia, dengan harapan terjadinya suatu komunikasi yang baik dalam upaya meningkat kan hubungan bilateral antara TNI AD dengan AD Australia khususnya antara Dislitbangad dengan Head of Land Capability AD Australia.

Dilaksanakannya koordinasi dan komunikasi antara TNI AD dengan Australian Army adalah sebagai bentuk upaya menciptakan perdamaian dunia, khususnya di kawasan ASEAN.Materi Kunjungan
a.        Pertukaran informasi kegiatan Litbang yang dilakukan oleh Dislitbangad dan Head of Land Capability (HLC) AD  Australia.b.        Keterlibatan Lembaga Litbang Angkatan Darat dalam proses modernisasi Alutsista.
c.        Keterlibatan Lembaga Litbang Angkatan Darat dalam proses pengadaan Alutsista.
d.        Hal-hal yang memungkinkan untuk dilaksanakan kerja sama peningkatan SDM dan Litbang.

Hasil yang dicapai
a.      Tercipta interaksi dan komunikasi yang positif antara Delegasi Australia dengan pejabat teras Dislitbangad dalam open forum dan tanya jawab.
b.      Terjadi tukar menukar informasi dari kedua belah pihak di bidang Litbang yang dilaksanakan oleh Angkatan Darat.
c.      Tukar menukar informasi keberadaan Lembaga Litbang, tugas dan fungsi di Angkatan Darat kedua belah pihak.
d.      Sharing sejauhmana peran Lembaga Litbang Angkatan Darat kedua belah pihak terhadap proses modernisasi Alutsista (Rekayasa, Repowering dan Retrofiting).
e.      Sharing sejauhmana peran Lembaga Litbang Angkatan Darat kedua belah pihak terhadap proses pengadaan Alutsista (Uji coba/Sertifikasi, Uji terima).
f.       Menumbuhkan semangat personel Dislitbangad dan menambah wawasan karena mendapatkan kesempatan kunjungan dari negara lain merupakan kebanggaan dan kehormatan.
g.         Delegasi Australia memberikan apresiasi positif terhadap kunjungan dan penyambutan yang dilaksanakan.



 
68